Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

Asuransi kendaraan MSIG merupakan salah satu asuransi yang diperuntukan untuk kendaraan yang sangat disarankan di Indonesia. Asuransi tersebut tentunya banyak sekali memberikan manfaat karena fasilitas yang diberikan. Merupakan bagian dari MS & AD Insurance Group yang mana merupakan asuransi umum patungan yang terbesar yang ada di Indonesia dan sudah beroperasi selama 40 tahun dan terus mengalami perkembangan setiap tahunnya.

Tentunya perkembangan tersebut disesuaikan dengan mengikuti perkembangan zaman dan juga kebutuhan pelanggannya. Pentingnya asuransi kendaraan adalah sebagai wujud perlindungan untuk masalah keuangan jika suatu saat terjadi hal yang tidak terduga yang menimpa kendaraan. Tetapi jika terjadi kecelakaan, asuransi kendaraan MSIG ini akan membantu membayar biaya yang besar untuk memperbaiki kendaraan hingga biaya rumah sakit jika mengalami luka.

Jenis Asuransi Kendaraan MSIG Indonesia

Sebenarnya, asuransi kendaraan di bagi menjadi 2 jenis yaitu All Risk/Comprehensif dan juga TLO (Total Loss Only). Tetapi untuk saat ini bisa digabungkan keduanya menjadi asuransi kombinasi.

All Risk/Comprehensif

Fakta tentang asuransi mobil, dari namanya dapat diartikan sebagai “segala resiko”. Sehingga yang dimaksud dengan asuransi all risk atau comprehensive artinya asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat hingga kehilangan. Yang membedakan dengan asuransi TLO adalah, jika terjadi lecet pada kendaraan, maka asuransi mobil akan membayarkan klaimnya. Tetapi untuk asuransi kendaraan all risk memang dilihat dari pembiayaan lebih mahal jika dibandingkan dengan TLO

TLO (Total Loss Only)

Secara sederhana TLO bisa diartikan menjadi hanya atau jika kehilangan total. Sehingga asuransi ini memang hanya bisa diajukan ketika mengalami kehilangan total. Dalam asuransi kendaraan yang dimaksud dengan kehilangan total merupakan kerusakan yang bisa saja terjadi diatas 75% atau kehilangan pencurian atau bisa juga karena perampasan. Ketika kerusakan yang terjadi kurang dari itu, maka tidak akan mendapatkan ganti rugi atas terjadinya kerusakan. Angka patokan 75% didapat karena kendaraan sudah dipastikan tidak bisa digunakan lagi. Namun yang menjadi kelebihan dari asuransi ini adalah premi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi kendaraan all risk.

Kombinasi

Merupakan gabungan dari asuransi All Risk/Comprehensif dan juga Total Lost Only (TLO). Sehingga dapat diartikan segala jenis kerusakan yang ada di kendaraan mulai dari yang kecil hingga rusak parah dan juga kehilangan nantinya dapat tercover dengan menggunakan asuransi ini. Dengan mengambil asuransi kendaraan MSIG jenis ini, kendaraan nantinya akan tercover asuransi pada semua jenis resiko yang kemungkinan dapat terjadi. Dan untuk beberapa perusahaan asuransi juga memberikan pilihan pada tahun pertama, pertanggungan yang diberikan berupa comprehensive sedangkan ditahun ke 2 adalah total lost only.

Manfaat Asuransi Kendaraan MSIG

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan asuransi kendaraan MSIG berkendara tanpa cemas adalah sebagai berikut:

Dapat melindungi dari resiko pencurian kendaraan

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika harga beli kendaraan memang tidak murah, sehingga sudah pasti akan menjaga agar kendaraan tetap aman dari pencurian. Namun, sebagaimana usaha yang dilakukan resiko kehilangan akan selalu ada. Sehingga hal yang bisa dilakukan adalah dengan asuransi kendaraan. Oleh karena itu, jika kendaraan dicuri maka pihak asuransi akan memberikan dana yang besarannya sesuai dengan ketentuan dari pihak asuransi.

Melindungi dari resiko kerusakan kendaraan

Walaupun sudah berhati-hati ketika mengemudikan kendaraan, tetap saja bisa mengalami kecelakaan, baik kecelakaan kecil maupun besar. Dan biaya untuk membuat kendaraan sama seperti semula sama saja tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Nah dengan adanya asuransi kendaraan MSIG ini biaya perbaikan akan lebih murah dari harga pasar

Dapat membantu bertanggung jawab pada pihak ketiga

Ketika terjadinya kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, sudah pasti akan mengalami kesulitan dalam menghadapi dan juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk memberikan tanggung jawab atas apa yang terjadi. Ketika kita sudah beli asuransi mobil, maka pihak asuransilah yang nantinya akan mengambil alih tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Mendapatkan fasilitas tambahan

Ketika mengalami suatu hal dijalan, kenyatannya beberapa perusahaan asuransi sudah menawarkan berbagai macam fasilitas tambahan yang sangat bisa untuk dimanfaatkan. Seperti layanan hotline selama 24 jam dan juga derek kendaraan. Layanan kendaraan pengganti misalnya akan sangat bermanfaat ketika mobil yang diasuransikan dalam proses perbaikan di bengkel, oleh karena itu aktifitas keseharian juga tidak akan terganggu.

Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dan didapatkan ketika menggunakan asuransi kendaraan MSIG. Jika dalam keseharian menggunakan kendaraan sehingga mobilitas harian sebaiknya memang menggunakan asurasi kendaraan agar merasa aman ketika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Besaran Premi Asuransi Kendaraan MSIG yang Harus Dibayarkan

Sebenarnya semua manfaat asuransi kendaraan MSIG dapat dirasakan ketika sudah membayarkan jumlah premi pada pihak asuransi. Untuk besaran harga premi yang harus dibayarkan juga ditentukan atas pertimbangan berikut ini:

Jenis dan juga harga kendaraan

Yang menjadi pertimbangan sebelum menentukan besaran biaya premi asuransi kendaraan adalah jenis kendaraan yang dipakai. Umumnya, jenis kendaraan dibagi menjadi 3 yaitu kendaraan non bus dan juga non truk, kendaraan bus dan truk dan yang terakhir adalah kendaraan roda dua. Untuk pembagian jenis kendaraan ini memang berlaku untuk semua produk asuransi Total Loss Only (TOL) dan juga All Risk. Ketika sudah mengkategorikan jenis kendaraan, selanjutnya harga kendaraan juga yang menjadi pertimbangan sebelum besaran premi ditentukan. Bisa disimpulkan, semakin mahal harga kendaraan maka semakin mahal juga premi yang harus di bayar.

Wilayah pertanggungan

Hal yang kedua setelah jenis dan harga kendaraan, yang menjadi pertimbangan adalah wilayah pertanggungan. Wilayah pertanggungan ini juga dibedakan menjadi 3 yaitu wilayah 1 yang mencakup wilayah sumatera. Wilayah 2 yang meliputi Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Purwakarta, Bogor, Subang, Karawang, Tasikmalaya, Sumedang, Garut, Banjar dan Ciamis. Sedangkan untuk wilayah 3 yang meliputi wilayah yang tidak tercakup dalam wilayah 1 dan 2. Dan untuk pertimbangan ini juga berlaku untuk asuransi jenis TLO dan All Risk.

Usia kendaraan

Sementara itu hal terakhir yang menjadi pertimbangan adalah usia kendaraan ketika masuk ke asuransi. Untuk fasilitas dan juga aturan asuransi juga berbeda untuk masing-masing perusahaan asuransi. Misalnya seperti aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah adanya penambahan 5% per tahun pada setiap kendaraan yang sudah berusia di atas 5 tahun dan ini hanya berlaku untuk asuransi All Risk.

Mendaftarkan kendaraan ke pihak asuransi memang bermanfaat untuk menjaga kendaraan. Apalagi hal penting yang berpengaruh pada keselamatan jiwa, keungan dan juga orang lain. Sehingga akan lebih baik lagi ketika memutuskan untuk mendaftarkan kendaraan ke asuransi kendaraan yang ada. Kendaraan yang dimiliki tidak hanya terlindungi tetapi juga akan memperkecil kerugian ketika kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

admin