0

Pahami Atribution Model di Google Analytics

Atribution model sudah lama diperkenalkan oleh Google Analytics, tetapi banyak yang tidak mengetahui apa itu atribution, sehingga penggunaanya jarang sekali.

Sebelum ke tahap penggunaan Atribution model, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu atribution dalam Google Analytics?

Attribution Model adalah sistem yang memberikan kredit atas konversi atau sales dalam sebuah campaign digital. Sistem ini kita sendiri yang menentukannya di Google Analytics. Sebagai informai bahwa saat ini sistem atribution model default di Google Analytics menggunakan Last non direct click.

MARI KITA PELAJARI JENIS ATRIBUTION DIBAWAH INI:

Last non-direct click, attribution model ini memberikan credit kepada channel yang terjadi sebelum conversi. Atribution ini cocok untuk bisnis dengan conversion cycle yang cenderung pendek seperti menjual promo voucher makanan dll.

Last interaction, Atribution yang mirif dengna penjelasan last nondirect tetapi pada atribution last interaction menghitung konversi dari direct traffic. Attribution model ini cocok untuk bisnis yang ingin melihat metric secara cepat, dari channels paling baru yang mendatangkan banyak konversi.

Last Adwords Click, Atribution model ini seusuai dengan namanya yaitu atribution yang akan memberikan credit kepada channel adwords terakhir, misal klik terakhir di keywords tertentu channel adwords. Atribution ini cocok bagi peruhaan yang hanya mengandalkan paid traffic dari Adwords.

First Interaction, attribution model ini akan memberikan kredit kepada channel yang pertama kali dilalui sebelum terjadinya konversi. Pada Atribution ini lebih cocok kepada brand yang baru saja menjalankan campaign seperti perushaan start up yang baru lahir.

Linear, attribution model ini cocok untuk bisnis dengan conversion cycle cukup panjang dan pada atribution ini kredit akan diberikan ke semua channel yang pernah dilewati user secara adil.

Baca juga artikel mengenai Google Tag manager

Time Decay, ini mirip dengan linear dengan memberikan kredit ke semua channelyang pernah dilewati user dengan aggapan channel paling pertama yang dilewati user kurang begitu penting dibandingkan channel terkahir yang mendekati konversi, sehingga channel paling awal akan diberikan kredit dengan proporsi yang lebih kecil.

Position Based, merupakan gabungan antara last interaction dengan first interaction model. Solusi untuk bisnis yang ingin mengetahui channel pertama yang membawa user ke website dan channel terakhir yang membawa user untuk melakukan konversi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *